Software Motion Graphics

5 Software Motion Graphics Yang Harus Kamu Ketahui

May 27, 2021

5 Software Motion Graphics Yang Harus Kamu Ketahui – Momohamaru. Apabila kamu tertarik dengan dunia desain, terdapat beberapa software yang bisa kamu gunakan. Masing-masing software yang dapat kamu gunakan memiliki tingkat kesulitan dan fungsi yang berbeda.

Sebelum memilih software apa yang akan kamu gunakan, alangkah lebih baik jika kamu harus memastikan apa yang akan kamu buat. Selain itu, kemampuan hardware yang kamu miliki juga menjadi salah satu pertimbangan penting.

Kualitas hardware yang kamu miliki memang menjadi salah satu hal yang paling utama. Mengingat bahwa untuk menjalankan software mothion graphics ini membutuhkan kinerja komputer yang kuat.

Baiklah, tanpa harus panjang lebar, mari kita bahas tentang 5 Software Motion Graphics yang harus kamu ketahui. Tapi sebelumnya, mari kita bahas dulu tentang apa itu mothion graphics?

Apa Sih Motion Graphics Itu Dan Apa Fungsinya?

Software Motion Graphics

Jika diartikan secara bahasa, Motion berarti Gerak dan Graphics atau yang sering kita kenal dengan istilah Grafis. Motion Graphics atau bisa juga disebut Grafis Bergerak merupakan penggabungan dari, Ilustrasi, Tipografi, Fotografi dan Videografi dengan menggunakan teknik Animasi.

Untuk melihat hasil dari Motion Graphics, bisa dibuka pada link berikut : Cleo Galon

Sebagai grafis yang bergerak, fungsi dari Motion Graphics adalah untuk menyampaikan pesan secara lebih fleksibel dan luas. Berbeda dengan grafis yang hanya diam, dengan adanya gerak dan suara, audience dapat lebih mudah memahami pesan yang disampaikan.

5 Software Motion Graphics

1. Adobe After Effect

Salah satu software yang paling umum digunakan oleh para designer adalah Adobe After Effect. Software ini terbilang cukup mudah untuk digunakan serta terdapat cukup banyak fitur yang dapat digunakan.

Menjadi salah satu produk dari Adobe, Adobe After Effect ini bisa dikatakan sebagai perpaduan antara Adobe Premier dan Photoshop.

Dengan menggunakan Adobe After Effect, kamu bisa melakukan komposisi objek serta memberikan efek animasi pada setiap sequence yang kamu buat. Dengan software ini kamu punya banyak pilihan untuk motion, coloring, dan koreksi warna yang juga bisa kamu manfaatkan.

Namun ada hal yang tidak bisa kamu lakukan jika menggunakan Adobe After Effect ini, yaitu editing 3D. Namun kamu bisa dengan bebas membuat animasi apapun selain 3D.

2. Cinema 4D

Banyak orang yang mengatakan bahwa software Cinema 4D ini lebih mudah untuk digunakan daripada Adobe After Effect. Namun meskipun begitu, nyatanya Cinema 4D ini memiliki kemampuan yang luar biasa, Bahkan banyak studio Hollywood yang menggunakan software ini.

Tidak hanya sekedar membuat motion graphics, software ini juga dapat kamu gunakan untuk membuat animasi dan text. Di dalam software ini terdapat bebrapa fitur seperti animating, lighting, texturing, rendering, dan berbagai fitur motion graphic.

Terdapat empat macam Software Cinema 4D yang dapat kamu gunakan. Pertama Cinema 4D ‘Prime’, Kedua Cinema 4D Broadcast, Ketiga Cinema 4D Visualize, dan Keempat Cinema 4D studio.

3. Apple Motion

Software Apple Motion ini memang secara khusus dibuat untuk pengguna Apple. Software ini terkoneksi dengan Final Cut Pro X. Hal tersebut dapat membuat proses editing kamu lebih mudah dan cepat.

Software ini sangatlah cocok digunakan oleh para designer pemula karena kemudahan dalam prosesnya. Selain itu, tampilan yang sederhana menjadikan Apple Motion ini menjadi sangat mudah untuk digunakan.

4. Maya

Software Maya ini tidak hanya sekedar digunakan untuk membuat video motion graphics semata, namun juga untuk 3D animation. Software ini bisa dikatakan sebagai kompetitor utama Cinema 4D.

Banyak studio di Hollywood yang menggunakan software ini untuk membuat film-film animasi, hingga video game. Oleh sebab itu, Maya memang dikhususkan untuk para profesional.

Kelemahan pada software ini adalah user interface yang tidak terlalu ramah bagi pemula. Sedangkan kelebihan utama dari software ini adalah kemampuan untuk melakukan rendering dan animasi 3D yang sangat tinggi.

Baca Juga: Perumahan Surabaya Pusat atau Perumahan Mojokerto

5. Nuke

Untuk rekomendasi yang terakhir ini, kami akan menempatkan software Nuke. Sama dengan Maya, Nuke secara khusus memang diperuntunkan bagi para animator profesional.

Dengan menggunakan Nuke, kamu bisa menggabungkan elemen 3D dan video secara bersamaan. Poltekpel Banten – Klik tautan untuk informasi pendaftaran dan sebagainya.

Jika After Effect yang menggunakan sistem layer, maka Nuke memilih untuk melakukan penggabungan digital berbasis node system. Oleh sebab itu, maka tak heran jika Nuke digunakan oleh perusahaan Motion Graphics kelas atas.